Apa itu Social Media ? pasti untuk pengguna gadget atau internet nama itu sudah tidak asing untuk anda , siapa tidak mengenal social media di jaman sekarang ini ? tentu anak muda sekarang sangat mengenal sekali media online tersebut. Tapi untuk anda yang belum mengenal social media bisa saya jelaskan dibawah ini

Pengertian Social Media

social media

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content

Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan ttidak peduli siang atau pun malam.

Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya “kecil” bisa seketika menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil” dengan Media sosial.

Apabila kita dapat memnfaatkan media sosial, banyak sekali manfaat yang kita dapat, sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi, memperluas pertemanan, dll. Tapi apabila kita yang dimanfaatkan oleh Media sosial baik secara langsung ataupun tidak langsung, tidak sedikit pula kerugian yang akan di dapat seperti kecanduan, sulit bergaul di dunia nyata, autis, dll).

Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dia belajar, mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, dll.

Media sosial menambahkan kamus baru dalam pembendaharaan kita yakni selain mengenal dunia nyata kita juga sekarang mengenal “dunia maya”. Dunia bebas tanpa batasan yang berisi orang-orang dari dunia nyata. Setiap orang bisa jadi apapun dan siapapun di dunia maya. Seseorang bisa menjadi sangat berbeda kehidupannya antara didunia nyata dengan dunia maya, hal ini terlihat terutama dalam jejaring sosial.

Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu :

  1. Social Networks, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dll)
  2. Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo! M, skype, phorum, dll)
  3. Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll)
  4. Publish, (wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg, dll)
  5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll)
  6. MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll)
  7. Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll)
  8. Livecast (y! Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr, dll)
  9. Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!, dll)
  10. Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll)

Manfaat Social Media Di Dunia Bisnis

manfaat social media

Social Media Menjadi Salah Satu Strategi Bisnis, media online sangat bermanfaat untuk berbagai pihak maupun kalangan manapun, bagi seorang yang memiliki bisnis, hal sangat berguna untuk meningkatkan penjualan dalam produk, bisa dikatakn social media itu sebagai tempat untuk beriklan secara gratis, bayangkan saja jika kita beriklan di media digital seperti tv maupun koran tentu. anda harus mengoceh budget yang cukup besar.

Namun social media bisa digunakan secara bebas, social media bisa dikatakan sebagai tempat orang – orang berkumpul, mulai dari mencari teman, pacar, pelanggan, dll, hampir semua orang menggunakan social media ini untuk mengenal orang, jadi manfaat social media itu sangat bagus untuk dunia bisnis.

Social Media menjadi salah satu media pemasaran paling kompeten, sejak tahun 2014 perkembangan social untuk bisnis mulai melajut sangat pesat dan membuat para pengusaha atau pembisnis muda menfaatkan kepopuleran media online untuk meningkatkan koneksi atau jangkau pemasaran produk masing – masing,

5 Strategi Marketing Social Media Untuk Bisnis

5 strategi marketing social media

Tentu Dalam dunia marketing yang sangkut pautnya dengan dunia bisnis tentu Social media menjadi salah satu sasaran marketing, saya akan memberikan 5 strategi marketing di social media, tapi untuk ada yang ingin belajar atau kursus di dunia digital dan ingin lebih paham bisa baca artikel : Belajar Social Media Marketing

1. Membangun Sebuah Fans Club

Apabila bisnis Anda sudah memiliki banyak pelanggan, maka ada satu hal yang perlu untuk Anda ketahui yaitu seberapa besar respon konsumen terhadap produk yang Anda jual atau tawarkan agar bisa mengetahui apakah produk pada bisnis Anda bagus atau tidak, maka dari itu Anda perlu untuk melakukan sebuah survey.

Dalam mengatasi hal yang tidak kita inginkan tersebut namun Anda tetap mendapatkan testimonial serta feedback dari para pelanggan terkait dengan produk yang Anda jual maka Anda dapat menciptakan sebuah perkumpulan khusus guna mengumpulkan seluruh konsumen Anda agar mereka bisa mengeluarkan segala keluhan serta apa yang diinginkan terkait mengenai produk yang Anda jual pada satu tempat yang sama.

2. Bereaksi secara efektif

Apabila Anda ingin fokus teehadap pemasaran produk pada internet, maka hal penting yang harus dilakukan yaitu bereaksi secara efektif. Bereaksi secara efektif berarti berusaha untuk memberikan respon dari berbagai macam pertanyaan yang berkaitan tentang produk Anda secara secepat mungkin. Kemudian selain itu jika Anda memiliki akun sosial media baik twitter, facebook dan sebagainya tentang produk Anda, usahakan melakukan update status secara berkala. Buatlah para pengikut akun sosial media untuk bisnis Anda percaya bahwa akun tersebut benar-benar nyata dan aktif.

3. Promosikan Produk Secara Berhubungan

Mungkin sesekali Anda dapat menulis sesuatu pada jejaring sosial yang berhubungan dengan promosi produk bisnis Anda. Seperti yang sudah direncanakan di awal bahwa penggunaan jejaring sosial ini bertujuan melakukan pemasaran produk. Sehingga dalam hal tersebut Anda tidak perlu untuk menunggu intruksi dari siapapun karena secara otomatis Anda telah melakukan promosi produk dengan sendirinya. Tetapi perlu diingat, pada saat Anda melakukan promosi mengenai produk yang Anda jual, pilihlah waktu yang tepat. Usahakan untuk tidak update status yang berisikan mengenai promosi produk Anda setiap saat, karena hal tersebut dapat membuat followers Anda lama kelamaan akan merasa jenuh kemudian meninggalkan Anda.

4. Manfaatkan Fitur Share DI social Media

Buatlah hashtag untuk mengetahui bagaimana orang-orang terhubung dengan brand, melihat konten, menggunakan brand Anda setiap hari. Ini adalah cara yang mudah untuk melacak percakapan.

Tingkatkan konten sosial media untuk berbagi : Pahami bahwa konten yang menarik akan mendorong pembaca untuk berbagi dengan orang lain.

Gunakan langkah atraktif untuk menarik pelanggan: Memiliki konten yang bernilai dan memungkinkan pembaca berbagi konten tersebut adalah cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan dan menarik pembeli yang potensial. Setelah pelanggan meng’klik’ dan share konten Anda, maka teman-teman mereka pun akan tertarik untuk meng’klik’ dan berbagi pada orang lain.

5.Perbanyak Relasi Untuk Meningkatkan Koneksi

Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa pada saat Anda aktif memnfaatkan situs jejaring sosial, nantinya Anda pasti akan berkomunikasi dengan banyak orang. Dan orang-orang tersebut pastinya tersebar dari berbagai kota bahkan berasal dari luar negeri. Nah, untuk mengoptimalkan bisnis Anda agar bisa terus berkembang melalui sosial media. Maka, Anda bisa menambah relasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu siapa tahu nantinya Anda dapat bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan.